E-Fast

Emergency Fair and Festival (E-Fast) adalah program kerja TBM BEM IKM FKUI yang dilakukan setiap tahunnya dan dijadikan bentuk pengabdian TBM BEM IKM FKUI kepada masyarakat. Pada tahun 2019, E-Fast bertemakan Kegawatdaruratan Sehari-Hari. Tema ini dipilih berdasarkan survey pertanyaan yang kami sebar untuk mengetahui minat masyarakat umum mengenai manajemen kegawatdaruratan.

E-Fast 2019 terdiri dari rangkaian acara seminar, workshop, campaign, lomba pra acara, dan talkshow. Selain itu juga diadakan Heart (Health Aid Response Team) dimana TBM BEM IKM FKUI akan melakukan kunjungan ke SMA untuk melakukan promosi acara E-Fast dan memberikan pelatihan bantuan hidup dasar.

Rangkaian Acara E-Fast

Seminar dan Workshop

Dalam acara ini panitia TBM BEM IKM FKUI secara aktif mengedukasi masyarakat umum sejumlah 200 orang agar dapat memiliki kemampuan dalam penanganan kegawatdaruratan medis dasar. Dalam seminar ini TBM BEM IKM FKUI bekerja sama dengan pembicara-pembicara profesional dari instansi yang telah diakui kredibilitasnya.

Seminar bertujuan agar peserta dapat mendapatkan gambaran teoritis terkait teknik-teknik penanganan kegawatdaruratan medis. Selanjutnya, teknik tatalaksana kegawatdaruratan medis dasar tersebut akan diperdalam pada sesi workshop. Saat workshop peserta akan mempraktikkan sendiri dengan dipandu oleh fasilitator yang merupakan anggota TBM BEM IKM FKUI.

Rangkaian Acara E-Fast

Campaign

Sebelum dilaksanakannya rangkaian inti utama acara E-Fast 2019, satu bulan sebelumnya anggota TBM BEM IKM FKUI melaksanakan kampanye publikasi acara E-Fast di Lapanga Rotunda dan Car Free Day. Bentuk acaranya berupa skrining kesehatan, flashmob, publikasi E-Fast, dan pelatihan singkat hands-only CPR.

Rangkaian Acara E-Fast

HEART

Heart (Health Aid Response Team) merupakan bentuk pengembangan dari Teenage First Responder Community (TFRC) yang telah diadakan pada E-Fast tahun-tahun sebelumnya. Target dari acara ini adalah siswa-siswi dari SMA di kawasan Jakarta dan Depok.

Dalam acara ini, TBM BEM IKM FKUI akan melakukan kunjungan ke SMA dan melakukan promosi acara E-Fast dan memberikan pelatihan bantuan hidup dasar. Pelaksanaan program ini akan tentatif menyesuaikan availabilitas waktu dari SMA yang bersedia untuk bekerjasama.