Cedera Saat Olahraga ? Jangan Diberi Balsem dan Jangan Diurut!

Oleh: Beryliana Maya Anisa (Anggota Tim Reaksi Cepat TBM FKUI)

Cedera saat olahraga merupakan hal yang sering dialami, tidak hanya oleh atlet tetapi juga oleh masyarakat biasa. Contoh cedera yang sering ditemukan pada olahraga adalah keseleo dan memar, hal ini dapat terjadi bila pemanasan yang dilakukan sebelum olahraga kurang ataupun teknik olahraga yang dilakukan salah.

Cedera olahraga dapat menyebabkan keparahan yang lebih lanjut jika tidak dilakukan penanganan yang benar dengan segera. Sayangnya, belum semua masyarakat memahami penanganan yang dapat dilakukan saat terjadi cedera olahraga. Penanganan yang sering masyarakat lakukan adalah memberi balsem dan mengurut saat terjadi cedera seperti keseleo dan memar, padahal pemberian balsem malah akan memperparah cedera yang terjadi.

Penanganan saat cedera olahraga yang benar sangatlah mudah. Terminologi yang sering digunakan untuk menghapal penangan tersebut adalah RICE, yang terdiri dari :

R = Rest, Istirahatkan  bagian yang mengalami cedera (selama kurang lebih 48 -72 jam),untuk memberi kesempatan jaringan sembuh

I = Ice, Kompres bagian cedera dengan es untuk menghentikan perdarahan, mengurangi

bengkak dan nyeri.

​Caranya : Bungkus pecahan es dalam plastik dan balut dengan handuk tipis (jangan paparkan es langsung dengan kulit!) dan tempelkan pada daerah yang cedera selama 10-20menit (lakukan dalam waktu 2-4 jam sekali)

C = Compression, bebat/ beri tekanan pada bagian cedera dengan elastic bandage / perban untuk mengurangi bengkak.

E = Elevate, tinggikan bagian yang cedera melebihi tinggi jantung untuk mengurangi bengkak.

​Caranya dengan meminta pasien berbaring dan mengangkat kaki nya lebih tinggi dari jantung (bila cedera terdapat di kaki)

Setelah melakukan RICE selama 1-3 hari, dapat perlahan-lahan melakukan peregangan untuk membantu meningkatkan aliran darah ke tempat yang cedera.

Penanganan yang tepat dan segera pada cedera olahraga dapat membantu mempercepat penyembuhan tanpa membahayakan bagian tubuh yang lainnya. Selamat berolahraga! (30/04)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *