“Pungsi Vena” Soklin Ke-7 TBM FKUI 2013

Soklin atau Sore Klinik merupakan proker kegiatan internal TBM FKUI yang wajib dihadiri seluruh anggota TBM. Acara ini bertujuan agar setiap anggota TBM memiliki kompetensi yang sama, kompetensi anggota akan disesuaikan dengan setiap tingkatnya. Dalam setahun, 8 Soklin akan diselenggarakan untuk anggota TBM dengan materi berbeda-beda.

Soklin ke-7 yang diselenggarakan di Kafetaria FKUI, Senin, 4 Novermber 2013, bertemakan Pungsi Vena ditujukan untuk anggota muda dan anggota inti baru TBM FKUI. Soklin kali ini TBM belajar melakukan cara menusuk pembuluh darah vena dengan jarum untuk pengambilan sample darah pasien yang dibimbing oleh pembicara Riko Satryo Wibowo. Diharapkan setiap anggota mampu melakukan pengambilan darah dengan tepat tanpa menyebabkan infeksi maupun iritasi.

Pembelajaran pungsi vena diawali dengan materi yang disampaikan oleh Riko Satryo Wibowo mengenai alat-alat yang perlu disiapkan dan dilanjutkan dengan tahapan pengambilan darah, hingga teknik pengambilan darah itu sendiri.  Pemberian materi pungsi vena berlangsung sekitar 45 menit kemudian dilanjutkan dengan 15 menit tanya jawab.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *