Seminar dan Pameran Efast 2013

Emergency Fair and Festival (Efast) merupakan acara tahunan dari TBM FKUI, pada tahun ini Efast 2013 mengangkat tema kegawatdaruratan lalu lintas dengan tagline “Live Safe, Save Lives”

Sebagai bagian dari acara ini pada hari Senin sampai Sabtu tanggal 21-26 Oktober 2013 diadakan pameran yang terdapat di lobi bawah FKUI Salemba 6. Pada pameran tersebut terdapat beberapa instasi yang ikut berpartisipasi diantaranya MERC ,BSMI, AGD 118,Polda Metro Jaya, Papdi. Selain pameran TBM FKUI juga memberikan layanan cek kesehatan gratis bagi siapa saja yang berminat, selain itu pengunjung juga bisa mengikuti kuis berhadiah yang akan diumumkan setelah rangkaian acara Efast berakhir.

Selain pameran,pada Sabtu 26 Oktober 2013 diadakan seminar dan simulasi yang dilaksanakan di Aula FKUI pada seminar ini terdapat beberapa pembicara diantaranya dr. yogi prabowo SpOT mengenai cedera fraktur, dr.Riyadh Firdaus SpAn(K) mengenai bantuan hidup dasar, dr.Pukovisa  SpS mengenai cedera kepala, Prof. Aryono mengenai Sistem pelayanan gawat darurat.Pada seminar ini juga diadakan talkshow yang dihadir oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta Ir. Basuki Tjahaja Purnama, Dekan FKUI Dr.dr Ratna Sitompul SpM(K), Kombespol Prof Dr Chrysnanda Dwi Laksana MSI, pada talkshow ini topic yang dibahas adalah mengenai Konsep “Jakarta Safe Community”.

Pada siang harinya pukul 11. 55 diadakan simulasi mengenai keselamatan lalu lintas. Pada simulasi tersebut diperlihatkan mengenai apa yang harus dilakukan apabila menemukan kecelakaan lalu lintas. Yaitu dengan cara menghubungi Ambulans Gawat Darurat 118 dan juga menghubungi polisi.  Agar simulasi dapat berjalan dengan baik , TBM FKUI bekerja sama dengan polisi dan juga AGD 118. Wakil Gubernur DKI Jakarta Ir. Basuki Tjahaja Purnama dan para peserta yang menyaksikan simulasi tersebut terlihat sangat antusias. Acara ini diakhiri dengan tanya jawab bersama polisi dan AGD 118

Selain mendengarkan seminar dan menyaksikan simulasi peserta juga diberikan workshop mengenai materi yang sudah diberikan saat seminar, dengan mengikuti kegiatan ini peserta diharapkan mampu menjadi masyarakat yang lebih terlatih sehingga mendukung terciptanya “Jakarta Safe Community”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *