Teenage First Responder Competition (TFRC) E-FAST 2013

Teenage First Responder Competition (TFRC) adalah lomba yang diperuntukkan untuk pelajar Sekolah Menengah Atas se-Jabodetabek. Acara ini merupakan salah satu rangkaian acara E-FAST 2013 yang diadakan pada tanggal 12, 19, dan 27 Oktober 2013. Pada acara ini, ada 16 tim yang berpartisipasi. Tiap sekolah mengirimkan satu atau lebih tim yang berisi 3-5 orang untuk bersaing mewakili sekolah masing-masing.

TFRC dibuka pada tanggal 12 oktober 2013. Acara berlangsung dari pukul 07.30- 15.30. Para peserta diberi pelatihan mengenai materi-materi yang akan dilombakan, yaitu balut bidai, basic life support (BLS), dan tansportasi yang diberikan oleh Anggota Purna TBM FKUI, serta video tutorial oleh pembicara BFM FK UI (Badan Film Mahasiswa), Pasha Natanegara. Selain itu, para peserta juga mengikuti seminar mengenai keselamatan berlalu lintas yang diberikan oleh Komisaris Polisi Mianto, S.H. Walaupun acara berlangsung cukup lama, para peserta tetap antusias mengikuti pelatihan yang diberikan.

Setelah menerima pelatihan, selanjutkan para peserta akan mengikuti ujian tertulis dan OSCE yang diadakan pada tanggal 19 oktober 2013. Hasil ujian peserta akan dinilai untuk menyeleksi 6 tim yang berhasil maju ke babak semi final & Final yang akan diadakan pada tanggal 27 Oktober 2013. Keenam tim yang berhasil adalah Nurul Fikri Boarding School, SMAN 94 Jakarta, SMA 68 Jakarta, SMA 78 Jakarta, SMA 5 Bekasi, dan SMA 112 Jakarta.

Pada babak semi final, setiap kelompok akan bersaing menyelesaikan soal kasus yang diberikan oleh panitia dengan menggunakan pengetahuan mengenai materi yang telah dipelajari. Pada akhir babak semi final, terpilihlah 3 sekolah yang dapat maju ke babak final yaitu SMA 68 Jakarta, SMA 78 Jakarta dan SMA 94 Jakarta.

Persaingan di babak final berlangsung dengan ketat. Babak final diisi dengan 3 babak cerdas cermat dengan peraturan yang berbeda. Pada babak terakhir, para finalis akan mempertaruhkan nilai yang telah mereka kumpulkan untuk menjawab pertanyaan yang diberikan penguji dan terpilihlah SMA 68 Jakarta sebagai pemenangnya. Selamat, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *