FKUI on Fire!

Pada tanggal 12 September 2013, TBM BEM FKUI mengadakan acara “FKUI On Fire!”. Acara ini merupakan salah satu acara tahunan dari bidang Tim Reaksi Cepat yang bertujuan untuk memperkenalkan bagaimana caranya menghadapi  bencana kebakaran, terutama di gedung bertingkat, serta dapat menghadapi kebakaran sebelum petugas pemadam datang.

Acara dilaksanakan mulai pukul 16.00 WIB, berlokasi di Aula dan Lapangan Multifungsi FKUI. Dalam acara ini terdapat dua kegaitan, yaitu pemberian materi dan simulasi memadamkan api. Pertama, pemberian materi tentang evakuasi kebakaran yang disampaikan oleh dr. Wendo, dari Ikatan Komunitas Keluarga FKUI. Kemudian, masih di lokasi yang sama, yaitu Aula FKUI, acara dilanjutkan dengan pemberian materi mengenai pencegahan dan bagaimana cara pemadaman api yang dibawakan oleh Dinas Pemadam Kebakaran DKI Jakarta wilayah Jakarta Pusat, dan acara dilanjutkan dengan simulasi memadamkan api dengan menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) dan karung, yang berlokasi di Lapangan Multifungsi FKUI. Dan acara selesai pada pukul 18.00 WIB.

Acara berjalan dengan sukses dan mendapat tanggapan yang positif dari peserta dan civitas FKUI. Perserta yang hadir berjumlah 100 orang, terdiri dari staff dan mahasiswa FKUI.

Sedikit tips yang harus kita lakukan saat terjadi kebakaran. Pertama, jangan panik dan tetap tenang, agar kita dapat berpikir dan bergerak menyelamatkan diri. Kedua, matikan listrik dan gas, karena hal ini sangat membantu dalam mengurangi penyebaran api. Ketiga, cari APAR. Penting bagi kita mempunyai APAR di rumah, namun dalam penggunaannya harus dengan benar dan tepat, salah-salah malah membahayakan nyawa kita. Adapun yang dapat kita lakukan jika tidak mempunyai APAR di rumah, kita bisa menggunakan karung goni, handuk, ataupun keset yang terlebih dahulu dicelupkan ke dalam air sebagai alat pemadam. Lalu, hubungi Dinas Pemadam Kebakaran. Atau kita dapat meminta bantuan kepada teman atau tetangga untuk menghubungi Dinas Pemadam Kebakaran selagi kita berusaha memadamkan api.

Sekian tips dan informasi yang kami berikan, semoga dengan terlaksananya acara “FKUI on Fire!” ini, kita dapat lebih sadar dan lebih siap dalam menghadapi bencana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *