Emergency Fair and Festival (E-Fast)

 

E-FAST

EMERGENCY FAIR AND FESTIVAL

Seminar & Workshop “Daily Emergency” untuk Awam

Teenage First Responder Competition (TFRC)

Pameran, Simulasi, dan Screening Kesehatan

Sejak tahun 2007, TBM BEM IKM FKUI menyelenggarakan suatu acara nonprofit bernama Emergency Fair andFestival (E-Fast) yang merupakan suatu acara mengenai kegawatdaruratan bencana dan sehari-hari.

Berdasarkan data dari Asian Development Bank, kecelakaan lalulintas di Indonesia telah memakan korban sebanyak 37.000 jiwa pada tahun 2005dan 48.400 pada tahun 2010. Telahdiprediksi, jika kewaspadaan tidak ditingkatkan, maka pada tahun 2030 kecelakaan lalu lintas akan masuk ke dalam kategori 5 besar penyebab kematian bersama dengan penyakit jantung, paru-paru, saluran nafas, dan stroke.

Pada kecelakaan lalu lintas dapat disertai dengan patah tulang, henti jantung dan luka bakar. Di Indonesia masih sedikit orang yang mengetahui cara untuk mengani kegawatdaruratan prarumahsakit. Selain itu, masih banyak terdapat mitos yang salah untuk menangani luka bakar. Mengingat kebakaran sangat sering terjadi di Jakarta.

Namun kegawatdaruratan sehari-hari tidak hanya berupa kecelakaan lalulintas. Keracunan makanan yang tidak ditindak lanjuti dapat berujung pada kematian. Di Indonesia sumber keracunan makan beragam mulai dari katering, makanan jajanan, industri, hingga yang tidak diketahui penyebabnya.

Ditambah lagi banyaknya masalah di Indonesia yang berhubungan dengan anak-anak usia dini. Oleh karena itu, penting pula untuk dibahas kegawatdaruratan umum pada anak.

Tahun ini tema yang diangkat adalah “Daily Emergency” yang didasarkan pada tujuan kami untuk membuat masyarakat umum dapat melakukan tindakan prarumahsakit pada kasus kegawatdaruratan, serta membantu dan berperan aktif dalam program pemerintah mengenai safe community dengan mengadakan pengajaran dan pelatihan mengenai pengananan kegawatdaruratan kepada masyarakat awam sebagai pelayanan prarumahsakit untuk menurunkan perburukan penyakit.

Safe community adalah keadaan sehat, aman, dan sejahtera yang tercipta dari, oleh, dan untuk masyarakat dengan melibatkan peran dari berbagai pihak.

 

Tempat                        : Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia

 

Adapun acara E-FAST adalah sebagai berikut

1.  SeminarWorkshop, dan Media Gathering (20 Oktober 2012)

TBM BEM IKM FKUI akan memberikan pengetahuan dan kemampuan dasar masyarakat mengenai pencegahan, pengenalan tanda-tanda, dan pertolongan prarumahsakit yang efektif pada kegawatdaruratan sehari-hari dalam bentuk seminar interaktif. Setelah seminar akan diadakan pemberian informasi mengenai kegawatdaruratan sehari-hari dari pembicara seminar kepada pers. Rangkaian acara dilanjutkan dengan diadakannya workshop pertolongan pertama pada kegawatdaruratan sehari-hari untuk memperdalam pengetahuan peserta seminar.

Sasaran kegiatan ini adalah masyarakat awam dengan jumlah 200 orang. Materi akan dibawakan oleh pakar kegawatdaruratan yang sudah profesional di bidangnya. Melalui media gathering dalam bentuk konferensi pers, diharapkan materi yang diangkat akan tersampaikan ke masyarakat luas.

DAFTAR YUK

REGISTER

 

2.  Pameran, Simulasi, dan Screening Kesehatan Gratis (14-20 Oktober 2012)

Pameran yang akan diberikan mencakup informasi mengenai alat-alat kegawatdaruratan serta penanganan kegawatdaruratan sehari-hari. Pameran akan diberikan dalam bentuk pameran alat serta pemutaran video di area lobi bawah serta selasar FKUI.

Simulasi bertujuan untuk member pembelajaran visual bagi peserta seminar serta TFRC E-Fast mengenai materi yang telah diberikan, terutama pengetahuan mengenai bantuan hidup dasar. Simulasi akan dilaksanakan dalam bentuk simulasi kebakaran oleh lembaga profesional terkait bersamaan dengan hari pelaksanaan seminar dan TFRC.

Pemutaran video juga dilakukan sebagai media edukasi bagi seluruh warga FKUI mengenai penanganan kegawatdaruratan terutama mengenai bantuan hidup dasar, dengan pelaksanaan berupa pendirian stand video di lokasi pameran pada hari kerja.

Selain itu, akan diadakan screening kesehatan gratis selama hari kerja sebagai bentuk pelayanan kesehatan bagi warga FKUI serta peningkatan kesadaran akan kesehatan itu sendiri.

 

3.  Teenage First Responder Competition/ TFRC (13 & 20-21 Oktober 2012)

Pada awal rangkaian acara, siswa SMA akan diberikan seminar dan pelatihan mengenai kasus kegawatdaruratan yang dapat mereka temukan sehari-hari dan cara penyuluhan terhadap masyarakat luas mengenai ilmu yang mereka miliki. Setelah mereka diberikan pelatihan tersebut, maka diadakan kompetisi yang berkaitan dengan materi yang telah diberikan.

Download FORMULIR PENDAFTARAN DAN PANDUAN TFRC

FORMULIR PENDAFTARAN DAN SOP TFRC

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *