Vertigo: Pusing Tujuh Keliling

Ditulis oleh: Fanny Prima Irmawati

Apa sih Vertigo itu?

Vertigo bukanlah suatu penyakit, melainkan merupakan suatu gejala dari kondisi lain. Umumnya penderita akan merasakan sensasi pusing yang ‘berputar’. Beberapa orang mendeskripsikan vertigo seperti berdiri di ruangan yang berputar sehingga sulit untuk menjaga keseimbangan, dan merasa dirinya akan terjatuh. Sensasi ini biasanya terjadi saat adanya perubahan posisi tubuh yang tiba-tiba. Serangan vertigo bisa bertahan beberapa detik atau bahkan beberapa jam.

Gambar 1. Ilustrasi sensasi vertigo.

Lalu apa bedanya Vertigo dengan pusing biasa?

Perlu diketahui, bahwa kondisi yang kita sebut sebagai pusing sebenarnya dibagi dalam beberapa jenis, yaitu:

  1. Tension-type headaches – Jenis sakit kepala yang paling banyak terjadi. Memiliki sensasi sakit yang menetap, bukan sakit berdenyut, dan terjadi pada kedua sisi kepala.
  2. Migraine – Umumnya rasa sakit yang diakibatkan hanya terjadi pada satu sisi kepala dan rasa sakit yang berdenyut.
  3. Vertigo – Rasa pusing yang berputar, seperti saat baru turun dari komedi putar.

Nah, jadi sekarang udah tau kan kalau vertigo itu adalah salah satu jenis pusing. Ciri khasnya adalah rasa pusing yang berputar sampai kita merasa sulit untuk bisa berdiri tegak dan menjaga keseimbangan.

Apa saja sih yang dapat  menyebabkan Vertigo?

Vertigo terdiri dari beberapa jenis dan yang paling sering terjadi adalah Benign Paroxysmal Positional Vertigo (BPPV). BPPV diakibatkan karena adanya gangguan pada pusat keseimbangan di telinga dalam. Gangguan tersebut umumnya disebabkan oleh pergerakan yang tiba-tiba, sehingga menghasilkan sensasi berputar.

Aktivitas yang dapat memicu rasa pusing tersebut bermacam-macam, seperti:

  1. Mendongak ke atas
  2. Bersandar dengan satu telinga
  3. Berguling-guling
  4. Bangun dari tempat tidur
  5. Membungkuk

Vertigo dapat diakibatkan oleh penyebab-penyebab lain, seperti trauma pada kepala, infeksi, degenerasi struktur telinga dalam, gangguan pada sistem saraf, kondisi pasca operasi, dan beberapa penyebab lainnya.

Kalau mengalami serangan Vertigo, harus gimana ya?

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan secara mandiri untuk mencegah dan mengurangi serangan vertigo, yaitu:

  1. Berbaring di tempat yang tenang dan gelap untuk mengurangi sensasi berputar.
  2. Gerakkan kepala dengan hati-hati dan perlahan pada saat melakukan aktivitas.
  3. Segera duduk apabila mulai merasa pusing.
  4. Gunakan tongkat bantu untuk berjalan apabila terdapat risiko jatuh.
  5. Tidur dengan posisi kepala sedikit dinaikan, menggunakan dua atau lebih bantal.
  6. Turun dari tempat tidur dengan perlahan dan duduk sejenak di tepi tempat tidur sebelum berdiri.
  7. Tenangkan diri, karena gelisah dapat menyebabkan vertigo semakin parah.
  8. Jangan membungkuk apabila ingin mengambil barang, lakukan jongkok sebagai gantinya.
  9. Jangan mendongak ke atas, misalnya seperti saat mengambil barang di rak yang tinggi.

Namun apabila serangan vertigo tidak kunjung membaik dan bahkan terus berulang, segera periksakan diri ke dokter. Karena seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa vertigo merupakan suatu gejala dari kondisi lain. Perlu diketahui dengan pasti apa penyebab vertigo tersebut jika serangannya terus berulang.

Jadi…

Vertigo adalah rasa pusing dengan sensasi berputar, sehingga penderita sulit menjaga keseimbangannya. Vertigo bukan merupakan suatu penyakit, melainkan suatu gejala dari kondisi lainnya. Vertigo terdiri dari beberapa jenis dengan penyebab yang bermacam-macam. Terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan secara mandiri untuk mengurangi dan mencegah serangan vertigo. Namun, apabila serangan menetap dan terus berulang, segera periksakan diri ke dokter.

 


Referensi:

  1. Vertigo [Internet]. Brisbane: Queensland Health; 2016 [cited 2017 Nov 17]. Available from: https://www.health.qld.gov.au/__data/assets/pdf_file/0022/432571/ed-vertigo.pdf.
  2. Reilly BM. Dizziness. In: Walker HK, Hall WD, Hurst JW, editors. Clinical methods: the history, physical, and laboratory examinations. 3rd ed. Boston: Butterworths; 1990.
  3. Headache: types, tips & treatment suggestions [Internet]. Washington: U.S. Department of Veteran Affairs; 2013 [cited 2017 Nov 17]. Available from: https://www.mirecc.va.gov/cih-visn2/Documents/Patient_Education_Handouts/Headaches_Information_for_Patients_Version_3.pdf.
  4. Vertigo [Internet]. London: National Health Service; 2015 [cited 2017 Nov 17]. Available from: https://beta.nhs.uk/symptoms/vertigo/.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *