Pelatihan TFRC SMA Santa Ursula 2017

Halo, semua!

TBM balik lagi nih dengan kegiatan yang pastinya bermanfaat banget yaitu Pelatihan Teenage First Responder Community di SMA Santa Ursula Jakarta! Pelatihan ini baru saja dilaksanakan pada hari Sabtu, 30 September 2017.

Acara dimulai pada pukul 08.00 WIB di Aula SMA Santa Ursula Jakarta. Acara dimulai dengan beberapa sambutan dan juga penjelasan singkat mengenai TRFC. Selanjutnya, rangkaian seminar dimulai. Seminar pertama mengenai Basic Life Support serta alur emergensi dibawakan oleh dr. Adhrie Sugiarto Sp.An(K). Seminar dilanjutkan dengan pemaparan mengenai penanganan korban tersedak dari dr. Christopher Kapuangan, Sp. An(K) . Setelah pemaparan selesai, dr. Adhrie Sugiarto Sp.An(K) mencontohkan secara langsung teknik penanganan Basic Life Support yang benar salah satunya teknik resusitasi jantung paru.

Tahun ini ada yang berbeda loh dari pelatihan TFRC di SMA Santa Ursula Jakarta. Di tahun ini, 3 orang siswa dari SMA Santa Ursula yang menjadi fasilitator di tahun 2016, berkesempatan untuk menjadi pembicara dalam sesi seminar selanjutnya.  Pemaparan materi dari siswa SMA Santa Ursula mengenai penanganan luka dan pendarahan dibawakan oleh Agnes Clarissa dan Gabriella Valerie sedangkan penanganan cedera olahraga dan fraktur dibawakan oleh Amrita Saraswati. Tidak lupa, sesi tanya jawab dibuka setiap akhir seminar. Para peserta terlihat sangat antusias dalam bertanya tentang materi yang bersangkutan. Keren sekali bukan?

Rangkaian acara selanjutnya yaitu Workshop. Nah, jadi teman teman yang sudah mengikuti pelatihan TFRC di tahun 2016, pada tahun ini berkesempatan menjadi fasilitator bagi peserta baru pelatihan TFRC 2017 . Semua terlihat bersemangat untuk mempraktikan hal hal yang baru saja mereka pelajari melalui seminar. Seru sekali bukan?

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut seperti apasih keseruan mereka di acara Pelatihan TFRC 2017, yuk sama sama kita melihat dokumentasi berikut ini.

 

dr. Christopher Kapuangan, Sp. An.(K) dari Departemen Anestesiologi dan Intensive Care membawakan materi tentang penanganan korban tersedak

dr. Adhrie Sugiarto Sp.An(K) mencontohkan secara langsung teknik resusitasi jantung paru

Gaby dan Agnes dari SMA Santa Ursula Jakarta membawakan materi penanganan luka dan pendarahan

Saras dari SMA Santa Ursula Jakarta membawakan materi penanganan cedera olahraga dan fraktur

Peserta pelatihan TFRC mencoba langsung teknik resusitasi jantung paru

Fasilitator TFRC mencontohkan secara langsung teknik pembidaian

Terimakasih teman-teman TFRC Santa Ursula untuk antusiasme dan semangatnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *