Nyeri di daerah bawah punggung? Kenapa tuh?

 

Ditulis oleh : Bagus Ramasha Amangku

Anda mengalami rasa yang tidak nyaman di daerah punggung bawah ? Terasa sakit setelah anda mengangkat sesuatu sampai memegang punggung? Jika iya, anda tidak sendirian. Low back pain merupakan kejadian yang dapat terjadi di siapapun, dimana hampir setiap orang pasti pernah mengalaminya.

Mengenali Low Back Pain

Gejala-gejala yang dapat dirasakan oleh pengidap low back pain muncul dari rasa nyeri yang dapat dirasakan sedikit, sampai sensasi ditusuk bahkan ditembak. Rasa sakit tersebut dapat membuat pengidap sulit untuk bergerak, bahkan berdiri tegak dan berjalan.

Rasa sakit dapat muncul setelah terjadinya sebuah kecelakaan, mengangkat barang yang berat, atau berkembang sedikit demi sedikit karena bertambahnya usia. Kehidupan seseorang yang sedenter, seperti jarangnya berolahraga, dapat menyebabkan nyeri punggung juga.

Dari durasi rasa sakitnya, Low Back Pain dapat dibagi menjadi 3 jenis, yaitu :

  • Akut — dari beberapa hari sampai minggu
  • Subakut — dari 4 sampai 12 minggu
  • Kronis  — lebih dari 12 minggu atau 3 bulan (dianjurkan untuk berkonsultasi ke dokter)

Penyebab Low Back Pain

Jika anda penasaran kenapa low back pain bisa menyerang punggung anda, berikut adalah beberapa faktor yang dapat dijadikan tersangka.

1. Tas

Tas atau barang bawaan dapat menyebabkan low back pain, karena daerah lumbar (punggung bawah) lah yang menyokong tubuh bagian atas serta beban yang dibawa kita. Ransel yang berlebihan beban dapat menyebabkan otot menjadi terlalu tegang dankelelahan. The American Academy of Orthopaedic Surgeons merekomendasikan bahwa ransel anak harus tidak lebih beratdari 15 sampai 20 persen dari berat tubuh anak.screen-shot-2016-11-11-at-5-01-07-pm

2. Pekerjaan dan postur

Jika pekerjaan anda meliputi aktivitas-aktivitas seperti mengangkat, menarik, atau gerakan apapun yang melibatkan gerakan tulang belakang, bisa jadi itu penyebab nyeri punggung. Pekerjaan di belakang meja yang inaktif juga dapat menyebabkan nyeri punggung, terutama jika anda memiliki postur yang buruk atau duduk sepanjang hari di kursi tanpa penyokong yang adekuat. Jadi postur yang benar adalah tegak, karena punggung menyokong paling baik saat kita tidak bungkuk.

3. Olahraga

Olahraga yang berlebihan juga dapat menyebabkan low back pain. Jika seseorang tidak melakukan olahraga rutin saat hari kerja, dan cenderung memaksa untuk berolahraga keras di akhir minggu, dapat menyebabkan tertariknya otot dan lanjut menjadi low back pain.

4. Umur

Serangan pertama low back pain biasanya terjadi di antara usia 30 dan 50, di mana nyeri punggung menjadi lebih umum untuk para lansia. Semakin bertambah tua kita, semakin kita kehilangan kekuatan tulang-tulang kita yang dapat disebabkan osteoporosis. Hal tersebut dapat lanjut mengakibatkan patah tulang, dan juga ketegangan serta elastisitas otot berkurang.

Penanganan Low Back Pain

Nah, ada beberapa cara yang dapat mengurangi rasa sakit dan nyeri di punggung. Berikut merupakan cara-caranya

1. Tetap beraktivitas

Jika merasakan nyeri punggung, kita lebih ingin untuk tetap istirahat di tempat tidu (bed rest). Namun, penelitian membuktikan bahwa pengidap low back pain yang tetap melaksanakan aktivitasnya sehari-hari tanpa bed rest membuat fleksibilitas punggung mereka meningkat dibandingkan dengan mereka yang bed rest. Bed rest juga dapat meyebabkan rasa nyeri bertambah karena mengurangi ketegangan otot dan penggumpalan darah di kaki.

2. Yoga

Ada studi yang membuktikan bahwa orang yang melakukan yoga selama 12 minggu memiliki sejarah nyeri punggung lebih sedikit dibanding orang yang mendapatkan buku tentang cara penybembuhan nyeri punggung. Efek nya terasa beberapa bulan setelah yoga dilaksanakan.

3. Pergi ke dokter dan melaksanakan terapi.

Kalau anda merasa nyeri punggung anda sangatlah parah, anda dapat berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan beberapa medikasi dan terapi. Obat-obatan yang dapat digunakan adalah analgesik seperti opioid atau aspirin, serta obat NSAIDS dapat diberikan.

Terapi yang dapat dilakukan adalah seperti physiotherapy yang dapat menguatkan otot kerangka yang menyokong punggung bawah, meningkatkan fleksibilitas, dan memperbaiki postur yang lebih baik. Untuk lebih jelas mengenai terapi apa yang dapat dilakukan selanjutnya tergantung dari hasil pemeriksaan dokter serta penyebabnya.

Setelah tahu penyebab-penyebab yang menyebabkan nyeri di punggung anda, semoga anda dapat lebih menjaga aktivitas dan juga postur tubuh anda agar rasa nyeri tidak bertambah. Serta, anda dapat melakukan penanganan-penanganan sederhana yang dapat mengurangi rasa sakit tersebut. Namun, jangan sungkan untuk berkonsultasi pergi ke dokter jika anda merasa rasa sakit sudah tidak biasa lagi.

Referensi

  1. Low Back Pain Fact Sheet [Internet]. Ninds.nih.gov. 2016 [cited 11 November 2016]. Available from: http://www.ninds.nih.gov/disorders/backpain/detail_backpain.htm
  2. Slideshow: A Visual Guide to Low Back Pain [Internet]. WebMD. 2016 [cited 11 November 2016]. Available from: http://www.webmd.com/back-pain/ss/slideshow-low-back-pain-overview

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *