Sering Pusing dan Lelah? Anemia mungkin penyebabnya!

Ditulis oleh: Kevin Afaratu Anemia merupakan kondisi dimana darah tidak dapat membawa oksigen ke seluruh tubuh karena jumlah sel darah merah atau hemoglobin (protein pembawa oksigen) dalam darah di bawah normal. Hal ini biasanya disebabkan oleh kekurangan zat besi. Nah, tubuh kita itu membutuhkan zat besi untuk membentuk hemoglobin. Hemoglobin merupakan zat yang kaya akan besi yang berfungsi untuk membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Hemoglobin juga memberi warna merah ke darah kita. Selain itu, anemia juga dapat disebabkan oleh mestruasi yang hebat, kehamilan, atau kurangnya konsumsi makanan yang mengandung asam folat dan vitamin B12.

Jadi sebenarnya apa saja sih yang membuat kamu yakin kamu mengalami anemia? Gejala-gejala anemia yang sering ditemukan dimasyarakat antaralain; kelelahan yang berlangsung lama, pusing, sulit konsentrasi, dan/atau nafas yang terengah-engah.

Tentu saja kondisi ini dapat membuat semua orang terganggu dalam melaksanakan tugasnya sehari-hari. Jadi apa saja yang dapat kita lakukan untuk menangani hal ini?

1. Konsumsi makanan yang kaya akan zat besi. Untuk mengatasi kekurangan zat besi, maka kita harus mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi. Nah, makanan apa saja yang mengandung zat besi? Makanan yang mengandung zat besi antara lain adalah:
1. Bayam
2. Hati ayam atau sap
3. Kerang
4. Sarden
5. Ayam Turkey

2. Konsumsi makanan yang kaya akan asam folat. Selain itu, konsumsi makanan yang mengandung asam folat juga dapat merendahkan gejala anemia. makanan yang kaya akan asam folat adalah:
1. Broccoli
2. Hati ayam atau sap
3. Bayam
4. Asparagus

Nah, asam folat tidak dapat disimpan di dalam tubuh, oleh karena itu, asam folat harus dikonsumsi setiap harinya.

3. Konsumsi makanan yang kaya akan vitamin B12. Makanan yang mengandung vitamin B12 adalah:

1. Daging sapi
2. Salmon
3. Susu sap
4. Keju
5. Telur

757x468_rsz_shutterstock_128572838

Hal berikut dapat kita lakukan untuk menghindari anemia. Selain itu, konsumsi suplemen zat besi, asam folat, dan vitamin B12 dapat dilakukan, tetapi jangan lupa untuk memperhatikan dosis yang tertera pada kemasan. Kelebihan konsumsi zat besi, asam folat, dan vitamin B12 juga tidak baik untuk tubuh.

Sekarang kita sudah tau apa yang harus kita lakukan jika kita sering merasa pusing, lelah, dan sulit untuk konsentrasi. Namun, jika ganguan terus berlanjut dan hal yang disarankan telah dilaksanakan, segera pergi ke dokter untuk konsultasi lebih lanjut.

Author: Kevin Afaratu

Refrensi

1. Anemia [Internet]. PubMed Health. 2014 [cited 29 October 2016]. Available from: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmedhealth/PMH0062933/

2. Top Iron-Rich Foods List [Internet]. WebMD. 2016 [cited 29 October 2016]. Available from: http://www.webmd.com/diet/iron-rich-foods

3. Vitamins and minerals – B vitamins and folic acid – NHS Choices [Internet]. National Health Service Choices. 2016 [cited 29 October 2016]. Available from: http://www.nhs.uk/Conditions/vitamins-minerals/Pages/Vitamin-B.aspx

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *