Curiga Katarak? Kenali tanda-tanda dari Katarak

Ditulis oleh: Yaumil Qorisa

Katarak merupakan kondisi kesehatan yang cukup mendapat perhatian, karena dapat menyebabkan kebutaan pada mata dan memiliki angka kejadian yang tinggi di dunia. Menurut World Health Organization, dari 37 juta kebutaan di dunia, 17 juta atau 47.8% penderita merupakan penderita kebutaan karena katarak. Katarak pun ditetapkan sebagai the leading cause of avoidable blindness (penyebab tertinggi kebutaan yang dapat dicegah/disembuhkan).

 

Namun apa sih katarak itu? Katarak merupakan segala jenis kekeruhan yang terjadi pada lensa mata sehingga mengganggu penglihatan penderitanya. Lensa mata ini berperan penting dalam memfokuskan cahaya yang masuk. Normalnya, lensa mata tidak dapat dilihat oleh mata telanjang, kecuali kondisinya sangat berawan seperti pada penderita katarak. Umumnya, katarak terjadi secara perlahan sebagai bagian dari proses penuaan, namun tidak menutup kemungkinan katarak dapat berprogresi secara cepat. Penyebab katarak yang terjadi pada usia muda antara lain karena paparan sinar UV yang berlebihan, diabetes (penyakit gula), rokok, serta penggunaan obat steroid, statin, dan fenotiazin.

 

Bagaimana cara mengetahui bahwa kita mengalami katarak? Sederhananya, penderita katarak itu dalam melihat sesuatu, seperti melihat dari lensa kamera yang kotor atau dari kaca jendela yang berkabut. Selain itu, katarak juga menimbulkan gejala-gejala lain, seperti

 

  • Penglihatan ganda ketika melihat dengan satu mata. Ini maksudnya bukan penglihatan indra keenam seperti di film film itu ya hehe. Maksudnya, objek yang dilihat oleh penderita katarak menjadi ada dua (ganda) karena perubahan bentuk yang terjadi pada lensanya.
  • Sensasi silau. Penderita katarak biasanya tidak tahan berlama-lama terpapar cahaya lampu dan cahaya matahari.
  • Pandangan mata kabur. Penderita katarak mengalami gejala seperti orang dengan mata minus (miopia) sehingga dokter akan memberikan kacamata untuk membantu penglihatannya.
  • Sulitnya melihat benda di luar ruangan dengan cahaya terang
  • Gangguan penglihatan ketika menyetir di malam hari, sehingga penderita katarak rentan mengalami kecelakaan.

 

Katarak umumnya tidak menimbulkan rasa nyeri pada mata. Apabila terdapat katarak yang disertai rasa nyeri, ini berarti ada gangguan penyerta lain pada matanya. Segera konsultasikan ke dokter spesialis mata ya apabila Anda mengalami kondisi tersebut L

 

Anda dapat mencegah dan menghambat progresi katarak dengan: menggunakan kaca mata hitam yang dapat melindungimu dari sinar UV, makan makanan yang sehat, berolahraga secara teratur, dan hindari rokok. Bila Anda penderita diabetes atau penyakit gula, maka lakukan pengobatan dengan baik sesuai anjuran dokter ya! Yuk kita cegah dan hambat progresi katarak agar terhindar dari kebutaan!

Sumber:

  1. Paine DA, Randleman JB. Cataracts [Internet]. [Cited 2016 Feb 27]. Available from: http://www.emedicinehealth.com/script/main/mobileart-emh.asp?articlekey=58807&page=16
  2. Riordan-Eva P, Whitcher JP. Vaughan & Asbury’s general ophtalmology. 18 Ed. Philadelphia: McGraw-Hill; 2011.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *