A-B-C-D-E yang Perlu Diperhatikan pada Maag!

Ditulis Oleh: Gassani Amalia

Sering merasa nyeri pada perut dan dada, terutama jika telat makan? Sering merasa kembung dan mudah begah? Mungkin anda penderita maag. Selain itu, seseorang dengan maag sering kehilangan nafsu makan, kadang-kadang merasa mual, bahkan muntah-muntah.

Nyeri yang diasakan seseorang dengan maag diakibatkan oleh asam lambung yang mengiritasi dinding lambung yang sudah rusak. Kerusakan dinding lambung tersebut bisa disebabkan oleh infeksi bakteri Helicobacter pylori, penggunaan obat-obatan tertentu (seperti aspirin), kondisi stress, dan makanan atau minuman yang kita konsumsi loh!

Lantas, apa saja yang perlu diperhatikan jika Anda sering mengalami maag? Ingat saja A-B-C-D-E untuk menghilangkan maag!

a. Antacid if necessary

Konsumsi obat-obatan yang dapat mengurangi gejala maag. Contohnya adalah antasida yang dapat menetralisasi asam lambung, dan obat-obatan lain yang dapat menurunkan produksi asam lambung.

b. Be careful of what you eat (and drink)

Perhatikan apa yang Anda konsumsi sehari-hari. Hindari makanan yang:

– dapat meningkatkan produksi asam lambung, seperti kopi, alkohol, sari jeruk.

– sulit dicerna, seperti makanan berlemak dan keju.

– banyak mengandung gas, seperti minuman bersoda, sawi, kol, dan nangka.

– dapat merusak dinding lambung, seperti cuka, bumbu pedas, merica, pokoknya something acidic and spicy.

c. Caffeine, alcohol, and tobacco: say no to them!

Terdapat beberapa hal yang menjadi penyebab utama rusaknya dinding lambung, seperti kafein, alkohol, dan rokok. Jadi, mulai sekarang, say no to them!

d. Don’t be so stressed, just relax!

Stress merupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan produksi asam lambung. Oleh karena itu,  stress dapat memperparah gejala maag. Bagi Anda penderita maag, cobalah untuk lebih rileks dalam berbagai kondisi.

e. Eat more, eat smaller.

Bagi Anda yang menderita maag, disarankan untuk tidak telat makan dengan cara meningkatkan frekuensi makan dengan porsi yang lebih sedikit. Intinya, makan lah sering-sering tapi porsinya jangan kebanyakan ya.

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *