Diare? Kenali Penyebab dan Cara Pencegahannya!

Ditulis Oleh: Athira Presialia

How-to-Stop-Diarrhea1

 

Pernahkah Anda mengalami sakit perut, lalu mengeluarkan tinja yang lembek atau yang sering disebut dengan mencret? Hampir semua orang pernah mengalami hal ini, atau juga disebut diare. Mari kita cari tahu lebih lanjut mengenai diare!

 

Diare adalah sebuah kondisi di mana tinja seseorang berbentuk lembek atau cair, dan terjadi sekitar 3 kali dalam 24 jam, atau lebih banyak daripada orang normal. Seseorang yang terkena diare maka dapat mengalami gejala seperti kram atau nyeri pada perut, mual, dan rasa ingin ke toilet yang terus menerus.

 

Apa saja penyebab diare?

Diare dapat disebabkan karena beberapa hal, antara lain:

  • Bakteri, virus, dan parasit dari makanan dan air yang terkontaminasi
  • Sanitasi yang buruk
  • Obat-obatan seperti antibiotik
  • Penyakit terkait pencernaan

 

Bagaimana cara menangani diare?

Penanganan yang dapat dilakukan adalah dengan mengkonsumsi obat-obatan anti diare. Obat-obatan ini dapat membantu mengurangi frekuensi terjadinya diare, seperti loperamide dan racecadotril.

Diare juga dapat menyebabkan dehidrasi, atau kekurangan cairan. Dehidrasi dapat menjadi serius, terutama pada anak-anak dan lansia. Dehidrasi ditandai dengan rasa haus yang berlebih, berkurangnya jumlah urin, kulit kering, dan sakit kepala. Untuk itu, penderita diare harus menjaga hidrasi tubuh dengan banyak mengkonsumsi cairan terutama yang mengandung air, gula, dan garam. Minuman ini atau biasa disebut oralit bisa didapatkan di apotek dalam bentuk sachet, bahkan dapat dengan mudah dibuat sendiri oleh penderita diare.

 

Bagaimana cara mencegah diare?

Pencegahan diare sangat mudah untuk dilakukan. Yang pertama adalah menjaga kebersihan tangan dengan rajin mencuci tangan dengan bersih. Gunakan sabun saat mencuci tangan, dan bisa juga selalu menyediakan hand sanitizer yang praktis digunakan.

Selain itu adalah menjaga kebersihan makanan dan minuman. Makanan yang aman untuk dimakan adalah makanan yang dimasak dengan matang, mencuci buah dan sayur-sayuran sebelum dikonsumsi. Buah juga perlu dikupas terlebih dahulu menggunakan pisau yang bersih sebelum digunakan. Selain itu, konsumsilah air yang bersih untuk diminum, apabila menggunakan air keran maka harus dimasak terlebih dahulu.

 

 

Sumber:

  1. Diarrhoea [Internet]. 2014 Nov 26 [cited 2015 Nov 20]. Available from: http://www.nhs.uk/Conditions/Diarrhoea/Pages/Introduction.aspx
  2. What I need to know about diarrhea [Internet]. 2013 Nov 25 [cited 2015 Nov 20]. Available from: http://www.niddk.nih.gov/health-information/health-topics/digestive-diseases/diarrhea/Pages/ez.aspx

One thought on “Diare? Kenali Penyebab dan Cara Pencegahannya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *