Alergi Makanan, Lakukan Intervensi Medis!

Ditulis oleh : Michelle Valeria

Kfood_allergies

Tahukah kamu? Terdapat lebih dari 70 jenis makanan yang telah terbukti dapat menyebabkan alergi makanan. Alergi makanan dapat menimbulkan efek ringan hingga membahayakan bagi kelangsungan hidup sehingga harus langsung mendapatkan intervensi medis.

Menurut WHO, jenis makanan yang paling sering menyebabkan alergi makanan antara lain: sereal yang mengandung gluten, golongan crustacea, telur, ikan, kacang-kacangan, dan susu. Ketika alergi terhadap suatu jenis makanan terjadi, tubuh akan memproduksi antibodi yang akan berusaha untuk mengeliminasi zat makanan yang masuk ke dalam tubuh dengan respon inflamasi.

Gejala alergi makanan berbeda untuk respon alergi yang ringan dan berat. Gejala alergi ringan dapat berupa rasa gatal di hidung, mulut, dan tangan, serta rasa tidak nyaman di perut. Gejala alergi berat dapat berupa:

  • Nafas yang pendek, batuk berulang
  • Pusing, nadi yang melemah, kulit kebiruan
  • Kesulitan bernapas dan menelan
  • Bengkak pada mulut dan atau lidah
  • Muntah dan diare berulang

Perlu diingat bahwa gejala yang muncul dan kegawatan dari reaksi alergi berbeda-beda untuk tiap individu karena reaksi alergi sangat dipengaruhi oleh jumlah alergen yang dikonsumsi dan sensitivitas individu terhadap alergen tersebut.

Langkah pertama yang diambil untuk menghindari terjadinya reaksi alergi adalah dengan tidak mengonsumsi bahan makanan yang dapat memicu respon tersebut. Apabila langkah pertama tidak dapat dilakukan, berikan antihistamin untuk reaksi ringan dan berikan epinefrin untuk reaksi alergi yang serius. Apabila reaksi tidak dapat ditangani, segera kunjungi dokter untuk mendapatkan perawatan yang lebih lanjut!

Sumber:

1. FAO/WHO Food Standards. Food Allergies[Internet]. 2006 [cited 2015 October 4] Available from: http://www.who.int/foodsafety/fs_management/No_03_allergy_June06_en.pdf

2. FARE. Food Allergy and Care Plan[Internet]. 2015 [cited 2015 October 4] Available from: http://www.foodallergy.org/faap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *