Pelatihan Kegawatdaruratan Medis di Santa Ursula

Teenage First Responder Community (TFRC) adalah program pengabdian masyarakat TBM BEM IKM FKUI untuk mewujudkan Safe Community, khususnya di kalangan pelajar SMA se-Jakarta. Pada tanggal 15 Agustus 2015 yang lalu program TFRC ini sudah mulai diimplementasikan ke sekolah-sekolah. SMA yang mendapat kesempatan pertama pada hari itu adalah SMA Santa Ursula Jakarta. Para anggota inti TBM dibantu Departemen Anestesiologi dan Intensive Care FKUI-RSCM menggelar acara pelatihan kegawatdaruratan medis yang mencakup bantuan hidup dasar, penanganan luka, cedera tulang dan sendi serta penanganan cedera olahraga kepada siswi-siswi SMA Santa Ursula.

IMG_3503

Pelatihan dilaksanakan di Aula SMA Santa Ursula dengan peserta berjumlah 58 siswi. Kegiatan dimulai pada pukul 08.00 hingga pukul 14.00. Pelatihan terdiri dari kuliah mengenai materi dilanjutkan dengan sesi praktikum.

tes

Praktikum ini bertujuan untuk melatih keterampilan motorik peserta dalam melakukan pertolongan dan mengakomodasi pertanyaan-pertanyaan yang belum sempat tertampung pada saat sesi kuliah.

IMG_3669

Kegiatan pada hari itu ditutup dengan posttest untuk melihat peningkatan pengetahuan peserta dibandingkan dengan nilai pretest.

IMG_3734

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *