Keracunan Makanan: Pahami Cara Mencegah, Mengenali Gejala, dan Mengatasinya!

Oleh Beta Canina Harlyjoy (Anggota Purna TBM FKUI ’09)

Istilah keracunan makanan tentunya bukanlah sesuatu yang asing bagi kita semua. Namun, apakah anda yakin sudah dapat mencegah, mengenali gejala, serta mengatasi kasus keracunan makanan? Jika belum, mari kita bahas lebih lanjut mengenai keracunan makanan.

Keracunan makanan merupakan penyakit yang terjadi secara tiba-tiba dan disebabkan oleh konsumsi makanan yang telah terkontaminasi oleh kuman penyebab penyakit. Keracunan makanan dapat terjadi jika kita mengonsumsi makanan yang tidak bersih atau tidak dimasak hingga matang.

Hal termudah untuk mencegah terjadinya keracunan makanan adalah dengan tidak jajan sembarangan. Apabila anda berpergian ke tempat yang meragukan kebersihannya, hindari konsumsi air yang belum direbus atau minuman dengan es dari sumber air yang tidak jelas. Bila terpaksa, selalu minta makanan yang anda beli untuk setidaknya dipanaskan lagi terlebih dahulu. Selain itu, jangan lupa untuk selalu mencuci tangan sebelum makan.

Namun, meski telah melakukan berbagai tindak pencegahan, keracunan makanan masih dapat terjadi. Gejala yang timbul karena keracunan makanan umumnya berkaitan dengan sistem pencernaan, seperti mual, muntah, nyeri perut, serta diare. Akan tetapi, gejala seperti demam atau rasa lemah juga dapat timbul.

Umumnya, keracunan makanan dapat sembuh sendiri tanpa perlu pergi ke dokter. Untuk mengurangi keluhan, jangan lupa untuk beristirahat dan konsumsi cairan yang banyak. Hindari makan dan minum untuk beberapa jam pertama hingga perut anda terasa lebih baik. Pemberian oralit dianjurkan pada anak-anak, orang usia lanjut, serta orang dengan sistem kekebalan tubuh yang menurun.

Harap diingat, apabila anda mengalami gejala berikut, segeralah pergi ke dokter:

  1. Gejala semakin parah dan tidak membaik dalam beberapa hari
  2. Demam lebih dari 380 C
  3. Mata terlihat cekung, buang air kecil sedikit, atau terdapat penurunan kesadaran
  4. BAB atau muntah berdarah

 

 

Daftar Pustaka:

  1. Tortora GJ, Derrickson B. Principles of Anatomy and Physiology 12th Edition. 2009. USA: John Wiley & Sons, Inc. p.970.
  2. Longmore M, Wilkinson IB, Davidson EH, Foulkes A, Mafi AR. Oxford Handbook of Clinical Medicine, 8th Edition. 2010. Oxford: Oxford University Press. p. 390
  3. NHS UK. Food Poisoning [Internet]. 2013 [updated 2013 Mar 27; cited 2014 Dec 8]. Available from: http://www.nhs.uk/conditions/food-poisoning/Pages/Introduction.aspx
  4. Mayo Clinic. Food Poisoning [Internet]. 2014 [updated 2014 July 24; cited 2014 Dec 8]. Available from: http://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/food-poisoning/basics/definition/con-20031705

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *