Program Kerja

Kegiatan TBM tertuang dalam berbagai program kerja, yaitu :

—Pelatihan Civitas: Pelatihan Sirkumsisi & Bedah Minor 
TBM FKUI mengadakan pelatihan sirkumsisi dan bedah minor setiap tahunnya selama minimal dua kali dalam rangka melatih keterampilan civitas

Tim Medis Event —
Merupakan penawaran jasa TBM kepada pihak luar untuk menjadi tim medis pada acara-acara seperti konser musik

Tim Medis Aksi —Merupakan salah satu program kerja TBM dengan memberikan jasa untuk menjadi tim medis saat mahasiswa dari UI melakukan aksi

Tim Medis Bencana 
Merupakan aksi TBM untuk turun dalam bencana yang terjadi dan memberikan bantuan berupa pengobatan, makanan dan minuman, serta pemberian barang-barang tertentu yang dibutuhkan

Sore Klinik Merupakan pelatihan anggota inti mengenai materi-materi keterampilan dasar yang harus dimiliki anggotaTBM (pemasangan infus, terapi cairan, dan lain-lain).
Dilaksanakan setiap sore pada hari kerja. Diisi oleh anggota inti yang lebih senior.

Case Forum
Merupakan pelatihan anggota inti mengenai materi-materi keterampilan dasar yang harus dimiliki anggotaTBM yang dilaksanakan pada hari Sabtu atau Minggu, memanggil pembicara dari luar seperti BASARNAS, dokter-dokter spesialis, dan lain-lain. Kegiatan ini sering dilaksanakan outdoor (horizontal rescuevertical rescue, dan kegawatdaruratan obsgyn).

Pelatihan  Basic Life Support, Transportasi Bencana, Balut-Bidai, Bedah Minor dan Sirkumsisi, dan lain-lain
Merupakan penawaran jasa yang diberikan oleh TBM bagi masyarakat luas, baik masyarakat medis maupun nonmedis, tergantung pada materi yang disampaikan.

Sirkumsisi dan Pengobatan Massal
Merupakan penawaran jasa yang diberikan TBM bagi masyarakat luas yang ingin mengadakan sirkumsisi dan pengobatan luas.

Pendidikan Dasar
Pemberian materi kepada para calon anggota dalam proses kaderisasi dan persiapan kompetensi dasar.

Emergency Fair and Festival (E-Fast)
Merupakan event tahunan yang diselenggarakan oleh TBM BEM IKM FKUI.Event ini bertujuan mencipatkan komunitas yang mampu dan tanggap menghadapi kondisi kegawatdaruratan medis sehari-hari dengan memberdayakan masyarakat awam. Kami menyebut komunitas ini sebagai Jakarta Safe Community.

Hari Bencana
Merupakan kegiatan nonprofit yang berisi materi tanggap darurat bencana di mana civitas academicasebagai pesertanya.

Bakti sosial
Merupakan kegiatan bakti sosial tahunan yang wajib dilakukan oleh TBM, bisa berupa sirkumsisi massal, pengobatan gratis, ataupun penyuluhan.

Tim Relawan Bencana
Merupakan perekrutan dan pembinaan serta pembimbingan mahasiswa FKUI nonanggotaTBM yang siap menjadi tim medis bencana bersama dengan anggota TBM.

Leave a Reply